Resep Soto Ayam Kampung Kediri

Soto adalah salah satu masakan khas Indonesia yang populer. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai varian soto dengan ciri khas yang berbeda-beda tergantung daerahnya masing-masing. Ada soto Betawi berbahan daging sapi dengan kuah santannya, soto Madura dengan kuah kentalnya, soto Lamongan dengan kuah kuningnya, serta soto Kudus dengan ciri khas kuahnya yang bening. Berikut ini adalah resep soto khasnya Kediri, daerahnya pabrik rokok Gudang Garam yang terkenal itu lhoo yang dijamin, rasanya tidak kalah ciamik dengan soto-soto populer yang telah disebutkan sebelumnya. Soto Kediri dalam resep ini menggunakan ayam kampung betina karena rasanya yang lebih guring dibandingkan ayam kampung pejantan. Selengkapnya, yuk, cekidot resepnya:

Siapkan bahan-bahan:
1 ekor ayam kampung betina, potong menjadi empat bagian
4 sdm kecap
15 buah Cabe
2 batang serai
1,5 sdm garam
1 sdm gula merah (boleh diganti gula pasir),
1 sdm kaldu (saya memakai kaldu jamur)
10 sdm minyak goreng (secukupnya)
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 lembar daun salam
1/4 bagian santan instan atau 1/2 gelas santan kental dari 1/2 butir kelapa peras
4 liter air (panci sedang), atau sampai ayam tenggelam dalam air

Bumbu yang dihaluskan:
4 siung bawang putih,
8 siung bawang merah,
5 butir kemiri
3 cm (2 ruas jari) kunyit
3 cm (2 ruas jari) jahe
1 sdm ketumbar
2 cm terasi

Bahan pelengkap:
3 batang seledri, iris halus
1/4 buah kol, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
bawang goreng secukupnya
1 buah jeruk nipis, iris 4 bagian

Proses:

Siapkan panci berisi air, nyalakan api kecil, dan masukkan ayam kampung ke dalamnya. Setelah 30 menitan, buang busa yang mengambang memakai centong.

Sembari mendidihkan ayam, tumbuk bumbu yang akan dihaluskan (jangan diblender) untuk selanjutnya disangrai ke dalam minyak panas sampai bau getir kunyit hilang atau sampai bumbu agak kering namun jangan sampai cokelat sekali karena akan menimbulkan sensasi pahit di kuah soto nantinya. Kemudian, masukkan bumbu yang telah matang ke dalam kuah berisi ayam.

Selanjutnya, masukkan cabe utuh, serta serai yang telah digeprek bersama daun jeruk dan daun salam ke dalam kuah soto (dedaunan ini juga bisa disangrai terlebih dahulu bersama bumbu halus). Masukkan gula, garam, dan kaldu sesuai takaran atau sampai rasa benar-benar pas di lidah.  Biarkan hingga 1 jam. Setelah 1 jam, tambahkan kecap, serta masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai kira-kira 10 menitan. Setelah 10 menit, matikan api, masukkan daun bawang dan bawang goreng. Angkat dan tiriskan ayam ke dalam mangkok terpisah dan suwir-suwir menggunakan tangan ataupun pisau.

Terakhir, siapkan bahan pelengkap yaitu irisan daun kol, daun seledri, dan jeruk nipis. Soto ayam Kediri pun siap disajikan. Lebih nikmat lagi ditemani nasi hangat bertabur bawang goreng dan kerupuk udang. Bila ingin pedas, tinggal menghaluskan cabe utuh ke dalam mangkuk soto kita.

Selamat mencoba!!

Gambar menyusul yuaaaaa.. ^_^




Komentar

Populer